Senin, 09 Mei 2016

Tempat Wisata India

Mengunjungi tempat wisata bersejarah merupakan tawaran menarik yang diberikan Jaipur buat para pelancong. Terletak di tempat strategis karena terhubung dengan berbagai kota penting di India, seperti Delhi, Mumbai, Ahmedabad, Kolkata, dan Udaipur, Jaipur pun menjadi tempat persinggahan yang pas.

City Palace, India
India City Palace, adalah tempat dimana keluarga bangsawan kerajaan Jaipur tinggal dan mereka adalah salah satu keluarga kerajaan terkaya di India. Tempat ini punya kompleks halaman sangat luas, kebun, dan bangunan yang memadukan arsitektur Rajasthani dan Mughal. Gerbang Merak (Peacock Gate) di City Palace juga terlihat indah sekali. Sekarang, keluarga kerajaan tinggal di bagian Chandra Mahal (Moon Palace) yang berbatasan langsung dengan bagian halaman. Didalamnya kamu bisa mengunjungi sebuah kompleks museum, galeri seni, kostum keluarga kerajaan, dan peralatan senjata.
  • Lokasi : Chokri Shahad, Old City, Jaipur.
  • Tiket masuk 300 rupe untuk orang asing termasuk kamera.
  • Jam buka : 09.00 – 17.00 tiap hari.

Hawa Mahal (Palace of the Winds), India
India Hawa Mahal atau Palace of the Winds mungkin menjadi bangunan bersejarah yang paling dikenal di Jaipur. Tempat ini dibangun pada tahun 1799 dan memiliki 5 lantai, serta terdiri dari deretan jendela kecil dan screen/layar. Dulunya, angin bisa berhembus dengan bebas ketika jendela-jendela dibuka sehingga istana ini dikenal dengan The Palace of the Wind, namun sekarang sudah tidak lagi. Menurut legenda, istana yang menghadap ke arah jalan utama ini dibangun agar para wanita bangsawan dapat melihat ke luar tanpa diketahui oleh mereka yang sedang berlalu-lalang.
  • Lokasi : dekat dengan City Palace.
  • Tiket masuk : 50 rupe untuk orang asing.
  • Jam buka : 09.00 – 16.30 tiap hari.

Galta Monkey, India
Galta Monkey Temple adalah salah satu kuil Hindu suci yang berada diantara tebing yang curam sehingga memerlukan perjuangan untuk bisa sampai kesana. Namun, usaha yang kamu lakukan tidak akan sia-sia karena di sana kamu akan menjumpai kompleks kuil sangat luas dengan 3 kolam yang dianggap suci. Salah satu kolam sudah diambil alih oleh ribuan kera. Mereka bisa berenang dengan bebas. Kera-kera ini cukup ramah dan suka sekali bila diberi makan.
  • Lokasi : Ada di sisi bagian timur kota, diluar Gulta Pol, dekat dengan Agra Road, Jaipur.
  • Tiket masuk gratis.
  • Jam buka : waktu terbaik untuk berkunjung adalah menjelang matahari terbenam ketika kera-kera ini kembali ke kuil.

Amber Fort, India
India Amber Fort terletak di puncak bukit menghadap ke danau Maota. Awalnya, tempat ini adalah rumah bagi keluarga kerajaan Rajput hingga kota Jaipur selesai dikonstruksi. Tempat ini punya sejumlah istana yang luarbiasa indah, aula, taman, dan kuil. Bagian dalam bangunan ini dipenuhi hasil karya menakjubkan yang dibuat begitu rumit. Pintu gerbang benteng ini dapat dicapai dengan berjalan mendaki bukit, mengendarai jeep, atau dengan naik gajah.
  •     Lokasi : Jaipur Utara.
  •     Tiket masuk : 200 rupe untuk orang asing.
  •     Jam buka : 09.00 – 16.30 tiap hari.

Nahargarh Fort, India
Nahargarh Fort juga dikenal dengan Tiger Fort. Lokasinya bertengger diatas Bukit Aravali menghadap ke kota Jaipur. Benteng ini dibangun pada tahun 1734 untuk membantu pertahanan kota. Gaungnya mulai populer setelah tahun 2006 dipakai sebagai lokasi film Rang De Basanti. Nahargarh Fort menawarkan view spektakuler. Pemandangan yang banyak diburu wisatawan disini adalah saat sunset. Tempat ini juga cocok untuk piknik, dan bahkan sering dipakai untuk hang out hingga pukul 10 malam.
  • Lokasi : barat laut pusat kota Jaipur.
  • Tiket masuk : 30 rupe untuk orang asing.
  • Jam buka, saat sunrise sampai sunset, tiap hari. Sedangkan istananya buka dari pukul 10 – 17.30 tiap hari.

Taj Mahal, India
Banyak orang akan protes jika Taj Mahal tidak menempati urutan pertama dalam daftar tempat wisata terbaik di India. Anggota dari 7 keajaiban dunia yang lama ini tidak hanya populer karena bentuk bangunannya yang megah dan desainnya yang indah, tetapi juga karena sejarah pembangunannya yang romantis. Bangunan yang kental dengan gaya arsitektur Persia dan India tersebut dibangun oleh Maharaja Shah Jahan dari kerajaan Mughal untuk memperingati kematian istri yang begitu dicintainya, Mumtaz Mahal. Dari nama sang istri itulah, nama Taj Mahal berasal. Taj Mahal berlokasi di kawasan Agra, Uttar Pradesh, India.

Harmandir Sahib, India
Mungkin banyak yang kurang familiar dengan nama Harmandir Sahib. Tapi, itulah nama resmi untuk Kuil Emas Amritsar yang begitu populer di kalangan wisatawan di India. Harmandir Sahib merupakan tempat suci bagi agama Sikh yang dibangun pada abad ke-16 oleh sikh guru ke-5, Guru Arjan. Kuil ini kerap disebut sebagai Golden Temple (Kuil Emas) karena bagian luar dan atasnya dilapisi dengan emas. Terletak di tepi sungai suci yang dikenal dengan nama Sarovar, Harmandir Sahib memantulkan bayangan keemasan yang cantik, terutama di malam hari. Setiap pengunjung yang datang ke Harmandir Sahib harus menjaga kesucian tempat dengan melepas alas kaki, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi daging dan minuman berlakohol di sekitar kuil.

Kuil Jain Ranakpur, India
Kuil Jain RanakpurKuil Jain Ranakpur menjadi destinasi terfavorit ke-6 di India berkat desainnya yang unik. Tempat suci bagi kepercayaan Jainisme ini terbuat dari marmer berwarna cerah di atas lahan seluas 60 x 62 meter. Bagian bawah kuil ditopang oleh sekitar 1.444 tiang yang dihias dengan ukiran-ukiran indah. Tak ada satu tiangpun yang memiliki ukiran sama. Daya tarik lainnya dari Kuil Jain di Ranakpur adalah keberadaan patung-patung sakral yang saling berhadapan. Salah satu patung paling istimewa di kuil ini berbentuk 108 kepala ular dengan beberapa ekor buntut. Kepala dan badan patung ular dari marmer tersebut saling membelit hingga sulit menemukan pasangan kepala ular dan ekornya.
 
Tertarik untuk berkunjung di tiap destinasi india populer diatas ? Rencanakan beberapa bulan sebelumnya saat memesan paket tour india dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar